Man Jadda Wa Jada Sebuah Kata Ajaib yang Mampu Mengubah Hal yang Tidak Realistis Menjadi Kenyataan

PPOB BTN - Impian seperti layaknya pohon, jika dibiarkan saja tumbuh liar tanpa ada usaha untuk merawat dan memupuknya maka sebuah impian akan mati bersama harapan. Oleh karena itu impian yang begitu tinggi dan indah tidak akan menjadi masa depan jika kita hanya terus bermimpi tanpa ada usaha / tindakan dalam mengejarnya. Setiap usaha yang kita lakukan dalam menggapai impian merupakan sebuah  benih  kesuksesan, perlahan namun pasti akan tumbuh menjadi bunga kesuksesan dengan keindahan yang mampu membuat dunia tersenyum. Kunci kesuksesan terdapat dalam diri kita masing – masing, seberapa besar tekad, kemampuan dan kemauan dalam membukanya. Kesuksesan dapat menjadi sulit ketika kita berpikir itu sulit dan akan menjadi mudah ketika kita berpikir hal tersebut mudah. 

Man Jadda Wa Jada Sebuah Kata Ajaib yang Mampu Mengubah Hal yang Tidak Realistis Menjadi Kenyataan


Man jadda wa jada sebuah kata ajaib yang mampu mengubah hal yang tidak realistis menjadi kenyataan. Man Jadda Wa jada merupakan pepatah arab yang memiliki arti ” Barang siapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil” .  Sedangkan arti tiap kata dari kalimat motivasi tersebut ialah “Jadda” (bersungguh-sungguh) adalah kata kerja bentuk lampau, yaitu telah dilakukan. Pekerjaan yang telah dilakukan mengisyaratkan adanya harapan dan hasil dari pekerjaan. Hasil dari pekerjaan “Jadda” itu adalah “wajada”, yang berarti mendapatkan atau berhasil. Seperti halnya dengan kata “jadda”, “wajada” juga adalah kata kerja bentuk lampau.Jika demikian, arti kalimat manjadda wa jada dalam posisi kata jadda dan wajada sebagai kata kerja bentuk lampau adalah siapa yang telah bersungguh-sungguh, maka dia telah berhasil. Apa maksud “telah berhasil” jika “jadda” adalah bentuk lampau yang mengisyaratkan adanya harapan dan hasil dari pekerjaan. Struktur kalimat inilah bagi penulis letak dari nilai magis kalimat Man Jadda Wajada. 

Kata Man Jadda Wa Jada, sebenarnya sudah banyak yang mengetahui akan artinya namun sedikit yang mengaplikasikannya. Kata kunci dalam pepatah ini adalah kata bersungguh-sungguh dalam berusaha mencapai impian yang telah kita ciptakan dibutuhkan sebuah usaha optimal, serta cerdas dalam mengambil keputusan atas tindakan, dan pantang berputus asa akan rahmat Allah Azza Wa Jalla. 

Kesuksesan bukan lah sebuah cerita fiktif  namun sebuah realita, realita kehidupan yang bisa kita ciptakan. Man jadda wa jada sepotong frasa yang singkat namun mengandung sebuah energi baru. Energi perubahan yang mampu mengubah gelap gulita menjadi terang benderang.  Usaha atau tindakan yang kita lakukan harus berdasarkan analisa strategi agar menghasilkan sebuah usaha optimal bukan sembarang usaha tanpa hasil. 

Menyusun strategi harus dilakukan dalam menjemput impian setelah memiliki peta impian, langkah awal yang harus kita lakukan adalah dengan berani memulai, terkadang ketika seseorang memiliki sebuah impian maka impian tersebut hanya sebuah memori belaka yang akhirnya menjadi sebuah pengharapan semu. Hal ini karena terdapat sebuah ketakutan terbesar pada dirinya yaitu takut gagal, takut tidak mampu, takut salah, takut berubah dan lain-lain. Mind set negatif selalu berselimut di alam bawah sadar kita. Ketika kita selalu berada dalam kotak selimut itu tidak berani untuk memulai, maka berikan salam perpisahan kepada impian dan harapan yang kita rencanakan. 

Langkah kedua dari tindakan yang harus kita lakukan adalah belajarlah tiada henti. Belajar adalah salah satu modal sukses bagi setiap orang. Belajar merupakan sebuah aspek penting dalam segala hal yang kita tidak ketahui, karena dengan belajar kita akan membuka satu persatu semua yang tidak kita pahami menjadi sebuah catatan ilmu di dunia. 

Namun belajar tidak akan memiliki arti, meskipun seberapa lama belajar, seberapa tinggi ilmu dan seberapa kompleks ilmu yang kita miliki, tanpa disertai aplikasi dari ilmu tersebut. Kesuksesan terjadi ketika kita mengaplikasikan segala bentuk pembelajaran yang telah kita peroleh baik itu berupa teori atau pun pembelajaran kehidupan. Proses pengaplikasian dari hasil pembelajaran adalah pembuatan strategi, mulai dari strategi secara teori dan strategi lapangan hal ini disebabkan keadaan lapangan bisa berbeda dengan teori. Teori memang perlu, belajar memang perlu, tetapi mengaplikasikan teori yang telah kita pelajari di lapangan itu lebih perlu. Usaha / tindakanlah yang membedakan antara orang yang sukses dengan pecundang. Usaha / tindakanlah yang akan memberi makna terhadap ilmu yang kita miliki. Tindakan bukan sembarang tindakan, tindakan yang diperlukan untuk sukses adalah tindakan yang kontinyu penuh komitmen. 

“ Sebuah tindakan adalah senjata utama para pemimpin besar untuk menaklukkan dunia dan impiannya” 

Usaha / tindakan yang kita lakukan dalam menjemput kesuksesan tidaklah mudah karena didalamnya terdapat masalah yang mampu meningkatkan kemampuan kita dalam berjuang. Orang –orang sukses terlahir dari sebuah masalah, terbentuk dari sebuah masalah dan tercipta dari sebuah masalah. Namun saat ini paradigma seseorang terhadap masalah atau ujian yang hadir ditengah perjuangan mereka bernilai negatif, seseorang menganggap ketika masalah atau ujian itu hadir di tengah fase perjuangan hal tersebut akan mematikan langkah mereka yang menyebabkan mereka enggan untuk berpikir lebih cerdas, kreatif dan berani untuk mengambil sebuah usaha / tindakan penanggulangan serta pencegahan. Inilah fakta yang menyebabkan impian seseorang hanya sebatas impian, bukan sebuah realita kehidupan. 

Mulailah buang semua paradigma negatif tentang apapun yang terjadi dalam setiap langkah perjuangan kita dalam mengejar kesuksesan, ubahlah menjadi sebuah paradigma positif terhadap berbagai masalah yang terjadi karena dengan adanya sebuah masalah kita bisa mengembangkan potensi kita. 

BANGUN LAH SEBUAH IMPIAN DENGAN TINDAKAN JIKA BUKAN SAAT INI MAKA KAPAN LAGI  


"Orang-orang sukses selalu memandang masalah yang terjadi sebagai sarana pengembangan diri dalam mencapai kesuksesannya” 

Orang-orang sukses dan gagal dibedakan dari usaha/tindakan yang mereka lakukan. Mereka yang gagal selama ini hanya terpaku kepada impian dan rencana yang telah dibuat. Ketika menghadapi dunia nyata mereka akan mengalami kesulitan, karena tidak sesuai dengan apa yang mereka impikan dan bayangkan. Proses yang harus mereka jalankan untuk menggapai impian mereka tidak sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Bahkan, banyak diantara mereka yang gagal karena semangat menggapai impiannya hanya bertahan beberapa waktu sedangkan orang – orang sukses memiliki strategi usaha / tindakan yang harus mereka lakukan, dengan berbagai pertimbangan serta pemikiran yang matang berdasarkan fakta lapangan dan ketika dalam proses tersebut tidak sesuai dengan rencana mereka maka orang-orang sukses akan mencari jalan lain untuk menuju gerbang kesuksesan yang mereka impikan. 

“APABILA KITA MENYERAH DI SATU TITIK ATAU KEADAAN, MAKA KITA TIDAK AKAN PERNAH MENGENAL KATA KEBERHASILAN.” 


Seberapapun berat dan tinggi tembok masalah yang muncul dalam setiap usaha / tindakan yang kita lakukan dalam menjemput impian, tetaplah bersungguh – sungguh, tetaplah tegar, tetaplah bersabar, tetaplah komitmen, dan tetaplah berlari mengejar impian jangan pernah berhenti atau mengalah kepada keadaan. Saat sudah tidak ada jalan maka buatlah jalan kesuksesanmu sendiri , jika sudah tidak ada jalan maka berhentilah untuk memuhasabah diri dan berharap dengan penuh kekhusyuan kepada Pemilik Alam Semesta Allah Azza Wa Jalla. Berhentilah berputus asa atau menyerah karena dengan kita berputus asa kita menyerahkan masa depan kita kepada keadaan. 

“ siapa yang bersungguh – sungguh maka ia akan berhasil” “Teruslah berlari hingga garis akhir impianmu”



0 Response to "Man Jadda Wa Jada Sebuah Kata Ajaib yang Mampu Mengubah Hal yang Tidak Realistis Menjadi Kenyataan"

Posting Komentar